Monday 8 June 2015

Permainan Imajinasi Untuk Perkembangan Anak






Saat bermain sesuatu anak-anak anda bisa banyak belajar dan membuat saraf-sarafnya berfungsi dengan baik, khususnya dalam memankan permainanimajinasi. Anak-anak biasanya berimajinasi misalnya dengan pura-pura membuat skenario drama, dan berimajinasi dengan membangun karakter dan juga mebuat alur cerita sesuai kemauan anak-anak anda. Atau berbicara sendirian tetapi seperti berbicara dengan teman-temannya, hal ini juga baik untuk menunjukkan emosi dan mengungkapkan ekspresi yang di rasakan oleh anak-anak kepada orang lain. Karena biasanya anak-anak lebih malu dan susah untuk meluapkan ekspresinya di depan orang lain. Dengan permainan tersebut, anak-anak anda akan lebih terlatih untuk menunjukkan emosi dan ekspresinya dengan bebas.

Hal tersebut juga dapat membantu orang tua untuk mempermudah dalam memahami apa saja yang di inginkan anak-anaknya. Dan permainan imajinasi juga dapat membangun kepercayaan diri anak-anak, termasuk dalam hal menjawab dan menanggapi sebuah pertanyaan dengan tepat dan percaya diri. Saat bermain dengan imajinasi-imajinasinya, anak-anak juga berlatih untuk menjadi disiplin dengan dirinya sendiri karena peraturan dari apa yang dia mainkan di buat oleh dirinya sendiri. Manfaat lain yang bisa di dapatkan dari permainan tersebut untuk perkembangan anak adalah anak anda akan lebih memahami tentang bagaimana sebab akibat tentang sesuatu hal dapat terjadi. Hal tersebut bisa melalui dengan membuat karakter dan apa yang akan terjadi pada setiap tokoh atau karakter yang anak anda ciptakan. 

Anak-anak anda bisa belajar untuk mengatasi masalah yang ada dalam imajinasinya dan bisa membangun mereka dalan menyelesaikan masalah yang di hadapinya dengan baik saat anak-anak dewasa nanti. Delam melakukan permainan imajinasi, di dalam ruangan atau di luar ruangan,  orang tua harus selalu mengarahkan dan mendampingi anak-anaknya untuk tidak takut berkotor-kotoran. Malah seharusnya mengajarkan anak-anaknya untuk berani berbuat dan lebih berani untuk bertanggung jawab. Orang tua juga tidak perlu khawatir akan anak-anaknya jika mereka bermain kotor-kotoran karena  Rinso dapat menjadi solusi untuk membersihkan baju kotor anak-anak anda. Dan dengan Rinso ibu dapat tenang membimbing dan menemani anak-anaknya dalam bermain dan berimajinasi.

No comments:

Post a Comment