Thursday 8 October 2015

Perhatikan Jenis Kerusakan Ini yang Dapat Mempengaruhi Harga Kulkas 2 Pintu


Kulkas atau lemari es pada umumnya dibagi menjadi 2 macam yaitu kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Pada kulkas 2 pintu, terdiri dari freezer dan chiller atau tempat penyimpanan sayur dan buah yang terletak di tempat berbeda. Kulkas jenis ini menggunakan sistem refrigran lebih baik jika dibandingkan dengan kulkas 1 pintu karena terdapat tambahan pengaman. Jenis kulkas tersebut dapat dibeli di toko online misalnya di Blibli dengan hargakulkas 2 pintu yang terjangkau.

Akan tetapi, terdapat beberapa kerusakan yang dapat mempengaruhi harga lemari es 2 pintu. Kulkas yang mati total merupakan salah satu kerusakan yang mempengaruhi harga jual. Pada kerusakan ini, semua komponen mati atau tidak berfungsi dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut dikarenakan oleh aliran listrik yang tidak masuk ke komponen pada kulkas. Cara mengatasinya dengan pengecekan kabel dan pemeriksaan fuse dengan menggunakan ohm meter. Kerusakan kedua adalah pada bagian tempat penyimpanan sayur dan buah atau chiller, suhu pada tempat tersebut tidak dingin seperti sebelumnya. Penyebabnya adalah karena saluran udara yang menghubungkan antara chiller dan freezer tersumbat oleh endapan dari kotoran sisa makanan atau karena bunga es. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan saluran udara tersebut dan jangan lupa untuk memeriksa timer dan heater.

Kerusakan pada bagian freezer menjadi masalah paling umum yang dapat mempengaruhi harga kulkas 2 pintu. Kerusakan tersebut diantaranya yaitu:

·         Suhu tidak merata karena aliran refrigan tidak lancar yang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya yaitu tersumbatnya sister refrigan, kurang oli, kompresor sudah tidak dapat bekerja maksimal, pembuangan panas pada kondensor terhambat, evapurator yang kotor, penyumbatan karena bunga es. Untuk perbaikan, kulkas harus diperiksa terlebih dahulu secara menyeluruh terutama pada bagian jalur sirkulasi refrigan.

·         Dingin atau suhu pada freezer tidak maksimal karena es pad freezer yang mencair dan tidak dapat membeku sempurna. Penyebab kerusakan tersebut diantaranya karena terlalu banyak beban, kerusakan pada pengatur suhu, overload rusak. Solusinya dengan pengecekan penyeluruh dan penggantian komponen jika dirasa perlu.



No comments:

Post a Comment